Skip to content

KENALI CIRI –CIRI DAN ALIRAN MUSIK JAZZ !

Written by

Thipstrealm

Music jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note. Secara garis besar, jazz adalah musik yang di dalamnya terdapat sebuah ritme yang memiliki harmoni, improvisasi, dan dimainkan menggunakan alat musik tertentu. Musik jazz pada awalnya adalah musik tradisional Amerika Serikat yang dikembangkan oleh warga Afrika-Amerika di Amerika Selatan. Dipercaya, musik jazz yang lahir pada akhir abad 19 memasuki abad 20 ini merupakan perpaduan antara musik Eropa dan tradisi Afrika. Musik Afrika memberikan pengaruh dalam musik jazz berupa ritme yang terus menerus, serta pergerakan dan permainan emosi yang kelak begitu kental dalam karakter musik jazz. Sementara musik Eropa lebih memberikan pengaruh pada kualitas musikal, yaitu yang berkaitan dengan harmoni dan melodi. Perpaduan dua tradisi yang antonim ini kemudian menghasilkan satu jenis musik baru yang me-reinterpretasi-kan penggunaan nada-nada dalam kombinasi baru, menciptakan nada-nada indah yang mengekspresikan perasaan.

Ciri – ciri musik jazz ;

•             Mempunyai harmoni yang rumit dan tonalitas yang luas.

•             Mempunyai ritme dan melodi yang cenderung improvisatif

•             Mempunyai vokal dan lirik yang di anggap sebagai bagian dari instrumen sendiri

•             Lebih terbuka dengan jenis musik lain dan bisa dipadukan antara musik jazz dan musik lainnya

•             Banyak memakai teknik sinkopasi dengan instrumen piano untuk menunda ketukan nada dan tempo

Namun secara umum, ciri-ciri musik jazz dapat kita rinci sebagaimana berikut:

Improvisasi

Satu ciri khas yang paling ditonjolkan dalam musik jazz adalah improvisasi. Bahkan dalam pertunjukan musik jazz, sangat jarang ada musisi jazz yang memainkan lagu yang sama dengan gaya yang sama berulang kali. Hal ini tentu masih berkaitan dengan kebiasaan awal musik jazz yang memang dimainkan dengan improvisasi.

Penggunaan instrumen

Satu ciri musik jazz yang menonjol dan berbeda dari aliran musik populer pada umumnya terletak pada penggunaan alat musik. Instrumen yang digunakan dalam musik jazz biasanya menggunakan alat musik yang memang lazim digunakan pada aliran musik jazz, seperti: terompet, saksofon, piano, gitar, biola, drum, dan contrabass atau gitar bass.

Sinkopasi

Satu unsur yang juga ditonjolkan dalam karakter musik jazz adalah sinkopasi yang cukup mendominasi. Sinkopaso (syncop) adalah penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (not-not dengan ketukan lemah).

Blue note

Blue note adalah nada yang dimainkan sedikit berbeda dari nada standar. Biasanya perubahan nada seputar antara quartertone dan semitone, namun ini masih bervariasi tergantung pada konteks musik. Blue note sangat identik dengan musik blues sebagai awal kemunculannya, dan musik jazz bisa dibilang masih berkaitan erat dengan musik blues sebagai cikal bakal..

Swing

Swing pertama kali muncul pada tahun 1923, ketika itu Fletcher Henderson Orchestra memainkan sebuah irama ragtime dengan agak halus dan lambat. Swing adalah irama mendayu-dayu yang menjadi ciri khas musik jazz.

Bebop

Bepop merupakan edisi cepat dari swing. Duke Ellington Orchestra dan Jimmie Lunceford Orchestra memperkenalkan bagaimana harmoni musik jazz yang cepat dan sangat asyik. Kemudian di tahun 1940-an, Jay McShann Orchestra mendobrak dunia dengan permainan sempurna Dizzy Gillespie dan Roy Eldridge, duet pemain trompet terbaik Amerika Serikat. Sampai sekarang musik Bebop menjadi salah satu aliran yang masih cukup digemari. Beberapa cabang dari Bepop seperti Hard Bop, Neo Bop, dan Post-Bob sempat menghiasi para musisi modern tahun 1980-an sampai tahun 1990-an.

Ciri penting musik jazz lain adalah dalam teknik musiknya. Jazz banyak memakai teknik musik yang seringkali digunakan, yaitu teknik sinkopasi dengan instrumen piano untuk menunda ketukan nada dan tempo atau pun teknik blue note yang lazim dipakai dalam aliran musik blues. Itulah yang membuat karakter musik jazz lebih menonjol dan paling dikenal.

Previous article

SEJARAH MUSIC JAZZ DUNIA

Next article

Anjelika Weiz Musisi Jazz Asal Jerman

Join the discussion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *